-->

Jenis - Jenis Ikan Arwana Beserta Urutan Peringkatnya

Jenis - Jenis Ikan Arwana Beserta Urutan Peringkatnya - Jenis ikan arwana dan urutan peringkatnya - Jenis ikan arwana yang diperjualbelikan di toko ikan hias banyak jenisnya seperti ikan arwana Silver, Red Fin, Black Brazil, Golder Red, sampai ikan arwana yang harganya sangat mahal yaitu arwana Super Red.


Jangan sampai anda salah memilih ikan arwana, oleh karena itu diperlukan kehati hatian. Meskipun mudah ketika membedakan jenis ikan arwana, tapi yang butuh kecermatan agar mendapatkan jenis ikan yang berkualitas. Dalam menentukan harga ikan arwana dipengaruhi oleh keindahan dari fisiknya, jumlah yang ada di pasar, dan banyaknya permintaan.




Yang masuk pada kriteria di atas adalah ikan arwana jenis Super Red atau biasa disebut naga merah yang berasal dari Kalimantan Barat. Jenis Super Red berada pada posisi pertama dengan harga yang paling mahal.


Harga ikan arwana dengan ukuran 12 sampai 15 cm dapat mnecapai US$ 400 sampai US$500 sedangkan yang memiliki ukuran 20 cm dibandrol dengan harga US$ 1.500. Ikan arwana jenis ini biasanya banyak di ekspor ke Jepang.


Pada posisi kedua di miliki oleh ikan arwana jenis Golden Red atau biasa di sebut kalesa dari Jambi dengan harga US$ 200 sampai US$ 300 yang memiliki ukuran 12 sampai 15 cm. Sama dengan Super Red ikan jenis Golden Red banyak di ekspor ke berbagai negara diantaranya Jepang, Hongkong, dan Singapura.


Yang menempati urutan ketiga ialah ikan arwana jenis Red Fin atau arwana merah banjar. Harga ikan arwana Red Fin yang memiliki ukuran 15 cm berkisar Rp 3,5 juta/ekor. Di pasar lokal ikan jenis ini banyak dijumpai.


Tapi anda harus berhati hati karena biasanya para penjual sering menyebutnya Golden Red atau Super Red dikarenakan ikan jenis arwana merah banjar bentuknya mirip dengan arwana Super Red berdasarkan kilau tubuhnya.


Ikan jenis Black Arwana Brazil menempati pada urutan ke empat, ikan jenis ini dengan ukuran 15 sampai 20 cm agak sulit di temukan dipasaran. Ketika ukuran tersebut ikan ini memiliki kilau warna biru tua yang menawan, pada tubuh dan siripnya oleh karena itu sering disebut naga biru dari amazon. Untuk harga ikan jenis ini yang memiliki ukuran 15 cm dapat menyentuh harga Rp 350 sampai Rp 400 ribu/ekor.


Ikan arwana yang tidak memiliki peringkat diantaranya ikan arwana silver, arwana hijau, arwana irian. Ikan jenis tersebut banyak dijumpai mulai dari ukuran 7 cm sampai 90 cm, ikan jenis ini dihargai sekitar Rp 30 sampai Rp 40 ribu/ekor dengan ukuran 7 - 8 cm.


Sedangkan ikan dengan ukuran lebih dari 50 cm dihargai sekitar Rp 250 sampai 400 rb/ekor, dalam hal ini kualitas menentukan juga.

0 Response to "Jenis - Jenis Ikan Arwana Beserta Urutan Peringkatnya"

Posting Komentar