-->

Cara Merawat Ikan Arwana dengan Benar

Cara Merawat Ikan Arwana dengan Benar - Bagaimana cara merawat ikan arwana berikut ini akan kami bahas dengan beberapa penjelasan yang mudah dipahami. Meskipun ikan arwana dapat hidup dengan baik di dalam akuarium namun memerlukan perawatan dari kita agar ikan arwana merasa nyaman tinggal di dalam akurium tersebut. Agar akuarium memiliki kelayakan untuk ikan arwana, berikut ini beberapa tipsnya:





1. Yang pertama adalah sebuah akuarium dan perlengkapan akuarium untuk menunjang kehidupan arwana. Nyaman tidaknya ikan arwana di dalam akuarium dapat ditentukan oleh perlengkapan akuarium itu sendiri, diantaranya adalah:



  • Aerator, adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai penyuplai udara ke dalam air, untuk menambah kandungan oksigen di dalam air. Untuk aerator yang memiliki kualitas yang bagus adalah aerator yang menggunakan daya listrik yang kecil tapi untuk udara yang dikeluarkannya cukup banyak.

  • Heater dan thermometer, heater adalah adalah alat pemanas yang berguna untuk menormalkan suhu air akuarium ketika suhu udara turun drastis, tapi untuk heater sendiri tidak diperlukan jika suhu udara di lingkungan Anda tidak mengalami penurunan suhu yang drastis.

  • Filter, berfungsi untk menyaring kotoran yang berada di dalam air akuarium seperti sisa makanan ikan arwana atau dapat berupa kotoran ikan arwana. Hal ini bertujuan agar air di dalam akuarium selalu dalam keadaan bersih.

  • Lampj TL, selain berfungsi untuk menerangi akuarium dapat juga untuk memperindah tampilan dari akuarium tersebut. Agar lampu tidak menyebabkan panas yang berlebihan silahkan pastikan ukuran lampunya disesuaikan dengan ukuran akuarium tersebut. Misalnya untuk akuarium dengan ukuran 80x40 cm dapat menggunakan lampu tl dengan daya 20 watt.


 
Agar ikan arwana tampil prima, diusahakan kita selalu melakukan perawatan akuarium secara rutin.


2. Memberikan makanan yang baik untuk ikan arwana.


Untuk makanan ikan arwana yang baik untuk kesehatannya, kita dapat memberikan makanan berupa hewan yang masih hidup seperti kelabang, jangkrik, dan sebagainya, untuk lebih jelasnya silahkan menuju artikel berikut ini.


3. Selalu melakukan pengontrolan air akuarium


Untuk melakukan pengontrolan air kita harus melakukannya setiap hari, seperti suhu dan ph. Untuk suhu yang baik sekitar 25-27 derajat celcius. Agar suhu air akuarium tetap berada pada suhu yang normal selalu gunakan heater jika suhu mengalami penurunan yang drastis, sampai suhu kembali normal kemudian matikan heaternya kembali.


Untuk ph yang normal kurang lebih sekitar 6-8, apabila ph rendah kita dapat menambahkan kapur untuk dilarutkan ke dalam akuarium. Selain itu juga kita harus memperhatikan santitasi air.


Untuk air dari akuarium tersebut juga perlu dilakukan penggantian dengan air yang baru, Untuk mengganti air akuarium arwana ada 2 tahapan. Yaitu dengan cara mengganti air setiap 2 hari sekali sebanyak 10% dari total air akuarium.


Kemudian penggantian semua air akuarium setiap 3 bulan sekali. Jika kita menggunakan air pam harus didiamkan terlebih dahulu di dalam sebuah wadah selama kurang lebih 24 jam, hal ini bertujuan agar khlor yang terkandung di dalam air mengendap.


4. Menata tanaman akuarium


Hal ini bertujuan agar ikan arwana tidak mengalami stres selama tinggal di dalam akuarium.

0 Response to "Cara Merawat Ikan Arwana dengan Benar"

Posting Komentar