-->

Cara Mengobati Sungut Arwana yang Patah atau Tertekuk



Cara Mengobati Sungut Arwana yang Patah atau Tertekuk - Arwana Asia (Scleropages formosus), atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:



  • Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia

  • Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia

  • Emas, ditemukan di Malaysia

  • Merah, ditemukan di Indonesia


Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus "terancam punah" oleh IUCN tahun 2004 [1]. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia. Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini.

Untuk menangani sungut arwana patah atau tertekuk dapat dilihat apakah tertekuknya sampai pada pangkalnya atau tidak. Jika sungut arwana patah atau tertekuk tidak sampai ke pangkanya ini kabar baik buat anda tapi jika sungut patah atau tertekuk hingga pangkalnya maka tidak dapat diperbaiki karena sungut tidak dapat tumbuh normal kembali. Untuk mengobati sungut yang rusak harus anda pastikan terlebih dahulu apakah kondisi arwana dalam keadaan prima dan tidak stres.




Langkah pertama untuk mengembalikan agar sungut seperti semula yang harus dilakukan adalah menyediakan ember yang berisi air dan gunting. Masukkan obat bius MD 400 ke dalam 15 liter air sebanyak setengah sendok makan. Atau anda dapat menggunakan obat bius MS222 sebanyak 5 gr dilarutkan ke dalam 100 ml air.


Kemudiaan masukkan ikan arwana dan biarkan sampai ikan terlihat terlentang. Kemudian pegang bagian kepala ikan, terus gunting sungut yang rusak dengan potongan dari bagian dalam antara dua sungut menjuju keluar.


Setelah pemotongan, arwana dibuat siuman dengan mengucurkan air segar ke bagian mukanya. Setelah ikan kembali sadar, segera masukkan kembali ke akuarium semula. Tapi jika anda ragu-ragu, lebih baik serahkan pada orang yang berpengalaman.


Demikan artikel yang singkat ini mengenai cara mengobati sungut ikan arwana yang patah atau tertekut,mudahan - mudahan dengan adanya artikel bisa membantu pecinta arwna dalam mengatasi semua problemnya dalam memeliharah ikan arwana, sampai ketemu lagi pada pokok pembahasan yang lain.

0 Response to "Cara Mengobati Sungut Arwana yang Patah atau Tertekuk"

Posting Komentar