-->

Cara Jitu Memperbaiki Sirip Ikan Arwana yang Rusak

Cara Jitu Memperbaiki Sirip Ikan Arwana yang Rusak - Cara memperbaiki sirip arwana yang rusak hanya ada satu cara yaitu dengan membuang sirip tersebut dengan cara memotongnya. Tapi perlu diperhatikan cara memotongnya harus dengan hati-hati dan benar. Jika cara memotong sirip arwana tidak benar dapat berakibat pertumbuhan sirip tidak rata dan tulang sirip menjadi tidak lurus lagi. Cara pemotongan sirip arwana yang benar adalah dengan membiusnya terlebih dahulu dengan larutan pembius MD 400.


Konsentrasi obat bius setengah sendok makan untuk 10 liter air. Adapun caranya adalah sebagai berikut, masukkan ikan arwana ke dalamnya dan biarkan ikan smpai terlentang. Kemudian pegang ikan perlahan-lahan pada bagian pangkal sirip yang akan dipotong. Potonglah sirip mulai dari pangkal sirip agar pertumbuhan tulang sirip kembali normal seperti semula. Pada saat memotong harus dilakukan dengan hati-hati dan menggunakan alat yang tajam. Memotongnya juga jangan dilakukan berulang-ulang cukup sekali saja dilakukan.




Jika sirip yang rusak ada dua, yang dipotong satu sirip saja dulu. Kemudian jika proses memotong sirip arwana sudah selesai dilakukan, kucurkan larutan permanganat kalium (KmnO4) sebanyak 1 liter dengan konsentrasi 0,5 g/l air untuk mencegah infeksi. Selanjutnya kucurkan air segar ke bagian muka arwana supaya kembali sadar. Selanjutnya masukkan ikan arwana ke dalam akuarium yang sudah dipersiapkan untuk merwatnya.


Perlu diperhatikan, ikan arwana akan mengalami stres setelah siripnya dipotong. Oleh karena itu, semua bagian kaca akurium harus ditutup dengan tripleks atau karton selama kurang lebih tiga sampai lima hari dengan kedalaman air akuarum cukup 25 sampai 30 cm saja. Supaya filter akuarium dapat dipergunakan, rendahkan pipa penghisap air dan masukkan mesin penghisap ke dalam akuarium. Jangan lupa untuk memberi


obat antibiotik Tetracicline sebanyak satu tablet untuk akuarium dengan ukuran 60 cm x 30 cm dan 80 cm x 40 cm dan 1,5 sampai 2 tablet untuk akuarium yang besar. Pada saat perawatan arwana tidak perlu diberi makanan. Jika sudah tiga sampai lima hari biasanya luka potong sudah mulai sembuh, barulah arwana dapat dipindahkan kembali ke akuarium asalnya.


Untuk mencegah ikan arwana tidak terjangkit penyakit jamur, bubuhi air akuarium menggunakan obat antibiotik cair seperti Blitz Icth, Super Internal, atau Tetra Contra Spot dengan dosis dua sampai tiga tetes untuk akuarium yang kecil dan 5 sampai 6 tetes untuk akuraium dengan ukuran besar. Apabila luka bekas dipotong sudah mulai sembuh dan terlihat ada ujung sirip yang mulai tumbuh, lakukan pemotongan untuk sirip yang lainnya dengan cara yang sama. Jika cara memotong dan perawatan setelah pemotongan dilakukan dengan benar maka dalam waktu 5 sampai 6 bulan sirip arwana akan kembali pulih seperti semula. Jika anda tidak ingin mengambil resiko, serahkanlah pada orang yang sudah berpengalaman.

0 Response to "Cara Jitu Memperbaiki Sirip Ikan Arwana yang Rusak"

Posting Komentar