-->

Cara Jitu Beternak Ikan Arwana Sebagai Mesin Pencari Uang

Cara Jitu Beternak Ikan Arwana Sebagai Mesin Pencari Uang - Bagaimana Trik atau Cara Jitu Budidaya Ikan Arwana ? Ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Indonesia yang bisa kita temukan di perairan Kalimantan dan papua.


Keberadaan nya yang begitu di cari banyak orang membuat ikan arwana menjadi salah satu ikan hias air tawar yang mempunyai harga yang relative tinggi. Apalagi jenis ikan arwana Red, untuk mendapat kan satu ekor ikan arwana red kita harus merogoh kocek sebesar satu juta rupiah  lebih.  Tentunya dengan harga yang sangat tinggi tersebut memerlukan modal yang tidak sedikit untuk budidaya ikan arwana ini.


Mengolah usaha dengan budidaya ikan Arwana adalah suatu peluang usaha yang sangat menjanjikan dan sangat menguntungkan. Bagaimana tidak? Bisa anda Bayangkan jika /ekor ikan arwana saja di hargai 1 juta, lalu berapa uang yang anda bisa dapat jika anda mempunyai banyak ikan arwana di kolam anda? Tentunya tidak sedikit uang yang akan anda dapatkan bukan?. Agar tidak terkecoh dengan harga arwana serta mengetahui secara detail jenis dan harga ikan primadona tersebut anda bisa melihat nya di Harga Dan Jenis Ikan Arwana.




Kemudian bagaimana untuk mengetahui secara signifikat mengenai teknik dan trik untuk budidaya ikan arwana tersebut? Baik kami akan memberi tahu anda bagai mana caranya, untuk cara yang pertama anda harus mempunyai keahlian yang khusus serta ketelatenan yang memumpuni.


Serta harus menyediakan tempat atau kolam dan memperhatikan suhu serta kadar air yang terkandung di dalam kolam tempat budidaya. Seperti yang kita tahu budidaya ikan arwana ini terbilang sedikit agak susah jika di bandingkan dengan jenis budidaya ikan hias air tawar lain nya seperti  Ikan Guppy Atau Ikan Cupang. Langsung saja berikut pembahasan Mengenai Cara Jitu Budidaya Ikan Arwana yang haru anda persiapkan dan kuasai.

Ikan Arwana




  • Sediakan Tempat Atau Kolam


 

Cara yang pertama untuk memulai bisnis budidaya ikan arwana ini anda harus menyediakan tempat atau kolam terlebih dahulu. Media yang anda bisa bisa gunakan adalah media akuarium atau media kolam tanah. Namun jika anda ingin membudidaya arwana dalam skala besar sebaiknya gunakan media kolam tanah yang di buat sedemikian rupa dan di hiasi dengan batu. Karena di habitat aslinya ikan arwana ini hidup di perairan yang berbatu.


Kemudian usahakan tempat atau kolam arwana berada di tempat yang terang dan tidak terkena siar matahari langsung, berikut penjelasan metode kolam dan metode kolam akuarium budidaya ikan arwana.




  • Kolam Tanah


 

Untuk budidaya ikan arwana yang menggunakan kolam dari media tanah, anda harus mempersiapkan lahan atau membuat kolam dengan ukuran panjang kolam sekitar 20 meter dan lebar kolam sekitar 5 meter, Dengan kedalaman kolam sekitar 1 – 1,5 meter. Seperti yang saya jelaskan di atas tadi usahakan pembuatan kolam tidak terkena terik sinar matahari langsung, anda bisa menggunakan tutup diatas kolam ikan tersebut . Sediakan juga kolam untuk pemijahan saat arwana mengalami masa gonad atau masa kawin.


Pembuatan kolam pemijahan bisa anda buat di pojok kolam pemeliharaan, jangan lupa untuk menambahkan asesoris seperti kayu atau bebatuan yang di letak kan di dalam kolam guna terlihat seperti tempat tinggal alami arwana, sama seperti kolam pemeliharaan kolam pemijahan harus terhindar dari terik sinar matahari langsung dan dibuat sedemikian rupa agar ikan tidak gampang lompat dan keluar dari kolam pemijahan.




  • Kolam Akuarium


 

Kemudian untuk budidaya ikan arwana yang  menggunakan media kolam akuarium anda bisa membuat kolam akuarium sebanyak 4 sampai 5 buah, dan anda harus mempersiapkan beberapa peralatan seperti alat pengatur suhu, alat pemancar gelembung oksigen, serta anda harus memperhatikan dan menjaga sirklus air yang berada di kolam akuarium tersebut. Ikan arwana adalah jenis ikan yang suka melompat jadi usahakan buat kolam akuarium anda dengan semaksimal mungkin dan di tutup dengan rapat serta  buat arwana anda merasa nyaman kemudian berikan cahaya buatan minimal 10 – 12 jam/hari.


Untuk ukuran akuarium yang harus anda buat adalah dengan panjang akuarium sekitar 75 cm dan lebar sekitar 45 cm dan tinggi akuarium mencapai 45 cm. Dalam pemeliharan ikan arwana menggunakan kolam akuarium sebaik nya anda isi dengan 6 ekor arwana guna menghindari sifat ke agresifan arwana. Jika anda menaruh 2 – 3 ekor arwana akan sangat berbahaya karena tingkat ke agresifan ikan akan sangat tinggi.




  • Kualitas Air


 

Setelah menyediakan tempat atau kolam anda harus memperhatikan kualitas Air yang akan anda gunakan. Kualitas air yang baik untuk budidaya ikan arwana akan membuat ikan arwana merasa nyaman serta dan berkembang secara baik dan terhindar dari segala macam jenis penyakit. Untuk kualitas air yang baik anda harus memperhatikan kejernihan air serta PH yang terkandung dalam air dan kadar oksigen yang terlarut.


Usahakan kadar keasaman air atau PH yang terkandung mencapai di angka 6 – 7 dan suhu yang di butuhkan sekitar 27 – 29 DM (derajat Celcius) serta kadar oksigen yang terlarut di dalam air sekitar 5 ppm. Perhatikan kondisi air pada kolam anda, lakukan pergantian air setiap kondisi air sudah keruh dan kotor, gunakan air yang bersih dan terhindar dari bahan kimia seperti klorin dan lain sebagainya. Untuk pergantian air anda tidak perlu menguras air yang berada di dalam kolam hingga habis, kuras air di dalam kolam sampai mencapai batas volume air mencapai 35 %.




  • Memilih Bibit Indukan Ikan Arwana Yang Baik


 

Kemudian langkah selanjutnya dalam budidaya ikan arwana adalah dengan memilih bibit indukan arwana yang baik, langkah ini terbilang cukup mujarab untuk menghasilkan benih ikan arwana yang baik dan berkualitas tinggi serta mempunyai harga jual yang baik. Seperti yang kita tahu jenis ikan arwana ini sangat banyak, anda bisa melihatnya di sini Jenis Ikan Arwana. Namun untuk memilih jenis indukan yang berkualitas sebaik nya anda memilih jenis indukan ikan arwana Red, karena yang kita tahu arwana red adalah jenis arwana yang paling banyak diminati oleh pecinta ikan hias dan merupakan salah satu ikan  yang mempunyai kualitas arwana yang baik dan harga jual yang sangat tinggi.


Untuk indukan yang baik sebaik nya anda membeli indukan arwana yang sudah memasuki umur 4 tahun atau yang sudah mendekati masa matang gonad ( masa kawin). Dengan begitu proses budidaya ikan arwana akan sedikit lebih cepat dari pada anda memilih indukan yang masih berusia antara 2 – 3 tahun.




  • Pemeliharaan Indukan


 

Agar budidaya ikan arwana berjalan baik, Lakukan perawatan atau pemeliharaan terlebih dahulu sebelum melakukan pemijahan. Biasa nya ikan akan mengalami masa gonad saat ber umur 4 tahun dan puncak nya adalah pada bulan juli dan desember.  Setelah indukan ikan arwana di dapatkan masuk kan indukan arwana kedalam kolam pemeliharaan yang sudah anda sediakan  kemudian lakukan perawatan dengan cara sebagai berikut :




  • Pemberian Pakan


 

Untuk pakan yang baik sebaik nya anda memberikan pakan ikan arwana anda menggunakan pakan yang mengandung protein tinggi untuk merangsang perkembangan atau mempercepat proses masa matang gonad arwana anda. Pemberian pakan bisa berupa pellet ikan dengan kadar protein mencapai 32 %.  Berikan pakan pada ikan arwana anda setiap hari agar ikan anda mendapatkan kandungan gizi yang sempurna.



Kemudian pemberian pakan bisa juga menggunakan pakan alami seperti  ikan yang masih hidup atau sudah anda Rajang menjadi kecil kecil kemudian udang, jangkrik atau serangga dan lain sebagianya. arwana ini merupakan jenis ikan predator yang bisa memakan jenis ikan lain atau memakan serangga hidup hidup. Jumlah pemberian pakan pada  arwana anda sebanyak 2 % dari berat badan indukan tersebut.




  • Perhatikan Kerjenihan Air


 

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas kualitas air dalam kolam harus anda jaga dengan baik, usahakan kadar air selalu seimbang. Lakukan pergantian air jika air didalam kolam sudah terlihat keruh dan kotor, jika turun hujan keasamaan air akan sangat tinggi oleh karena itu segera lakukan pergantian air agar kadar dan suhu air kembali seimbang guna proses budidaya ikan arwana berjalan dengan baik.




  • Proses  Pemijahan


 

Setelah ikan berumur 4 tahun lebih dan memiliki panjang tubuh antara 45 – 60 cm arwana akan mengalami masa gonad kemudian pindahkan ikan ke kolam pemijahan. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi bahwa masa gonad arwana akan terjadi setiap tahun puncak nya pada bulan juli dan desember.  Sama seperti jenis ikan hias lain nya, dalam budidaya ikan arwana untuk melangsung kan pemijahan terlebih dahulu dilakukan perjodohan atau masa pengenalan ikan betina dan ikan pejantan.


Masa pengenalan ini biasanya memerlukan waktu beberapa minggu bahkan bulan, ketika ikan sudah jodoh ikan atau sudah menjadi pasangan bisa anda amati ketika saat malam hari. Jika arwana pejantan sudah mengejar indukan betina di sekeliling kolam atau kedua indukan tersebut sudah membentuk lingkaran dengan posisi hidung berada di ekor maka arwana tersebut dapat dipastikan sudah berjodoh.


Untuk membedakan jenis arwana betina dan pejantan biasa nya bisa di bedakan ketika umur ikan arwana sudah mencapai 3 sampai 4 tahun. Dengan perbedaan yang sangat mendasar seperti dari bentuk tubuh dan besar mulut. Untuk arwana pejantan bisa anda lihat bentuk tubuh yang lebih langsung serta mulut lebih besar dan warna akan lebih mencolok dari pada betina, kemudian ukuran kepala ikan jantan akan lebih besar dari pada arwana betina, dan arwana pejantan lebih agresif dari pada betina.


Kemudian jika arwana sudah jodoh maka sekitar 1 sampai 2 minggu ikan akan berenang ketepian dengan tubuh ikan saling menempel, setelah itu terjadilah pembuahan. Induk betina akan melepaskan telur berwarna jingga ke merahan dan kemudian arwana pejantan akan membuahi telurnya dan memasuk kan telur tersebut kedalam mulut nya, yang sering disebut inkubasi. Telur akan menetas sekitar satu minggu setelah telur dibuahi dan akan menjadi larva.




  • Proses Pemanenan Larva


 
Kemudian setelah telur menetas menjadi larva maka Larva tersebut akan berada di mulut ikan arwana pejantan sekitar 7 sampai 8 minggu atau kurang lebih selama 2 bulan sampai kuning telur yang menempel pada larva arwana di serap total atau habis hingga larva bisa di panen. Tetapi anda tidak perlu menunggu hingga 2 bulan untuk memanen larva tersebut, anda bisa memanen larva dalam waktu 1 bulan setelah masa pembuahan.


Tangkap arwana pejantan secara hati hati dan lembut, setelah di tangkap buka mulut bawah arwana pejantan dan ditekan secara hati hati hingga larva keluar, setelah keluar masuk kan ke wadah kantong plastik dan kembali di inkubasi didalam akuarium. Untuk satu ekor indukan pejantan biasanya bisa menampung 25 sampai 30 ekor larva arwana.





  • Proses Pembenihan Dan Pemijahan


 

Proses selanjutnya dalam budidaya ikan arwana adalah Pembenihan dan pemijahan, Setelah larva arwana berhasil di keluarkan dari mulut indukan pejantan masuk kan larva ke dalam akuarium yang berukuran panjang  45 cm, lebar 45 cm dan tinggi 90 cm. jangan lupa untuk memperhatikan suhu air di dalam akuarium, usahakan suhu mencapai 27 – 29 Derajat Celcius. Dan oksigen terlarut mencapai 5 ppm, gunakan aerator untuk mengatur oksigen yang terlarut.


Selama masa inkubasi didalam akuarium tersebut larva arwana tidak perlu diberi makan hingga umur larva mencapai 7 sampai 8 minggu setelah menetas atau setelah kantung kuning larva tersebut habis. Biasanya larva yang baru di pindahkan ke dalam akuarium larva akan berada didasar kolam hingga kantung kuning tersebut benar benar habis dan ikan akan berenang ke atas.


Setelah umur 7 minggu dan panjang tubuh mencapai 8,5 cm larva bisa anda beri makan menggunakan cacing atau ikan hidup yang anda sesuaikan dengan ukuran mulut larva tersebut.  Setelah larva mempunyai panjang sekitar 10 – 12 cm, larva bisa anda berikan pakan udang air tawar kecil atau bisa juga menggunakan runcah.


Demikian pembahasan tentang Cara Jitu Budidaya Ikan Arwana yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda, dan terima kasih ^_^

0 Response to "Cara Jitu Beternak Ikan Arwana Sebagai Mesin Pencari Uang"

Posting Komentar