-->

6 Cara Paling Ampu Budidaya Ikan Mas di Kolam Beton

6 Cara Paling Ampu Budidaya Ikan Mas di Kolam Beton - Pada kesempatan ini admin https://Hewanternak.com akan mencoba membahas tentang cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Beton, Berikut akan saya paparkan tentang tata cara memeliharah ikan mas pada kolam beton.





  • Ciri – ciri induk ikan mas yang baik atau sudah matang gonad :


Induk jantan :



  1. badan lebih langsing

  2. gerakkannya lincah

  3. bila distripping bagian perut akan mengeluarkan cairan putih pekat yang disebut sperma.


 
Induk betina :



  1. perutnya buncit dan lunak

  2. gerakkannya lamban

  3. genital kemerahan dan agak membengkak


 
a. Persiapan Kolam


Kolam yang digunakan adalah kolam dinding beton dan dasar tanah dengan ukuran 8 m x 5 m x 1m. Pengeringan kolam berfungsi untuk menghilangkan hama dan bibit penyakit pada ikan yang terdapat di tanah / dasar kolam budidaya. Pengeringan di lakukan selama 3 hari sampai dasar kolam benar- benar kering ( biasanya sampai tanah retak-retak ). Namun ketika sampai di lapangan keadaan dasar kolam belum benar- benar kering keadaan ini diakibatkan oleh cuaca yang masih penghujan. Itu jangan terlalu di permasalahkan,,,,,

 

b. Pembuatan Kakaban

 

Pada pembenihan ikan mas Majalaya posisi kakaban berada tepat di bawah permukaan air  ( kakaban berjarak 5 cm dari permukaan air ) dan jarak antara kakaban adalah 35 cm, dengan ukuran kakaban adalah p = 150 cm dan l = 30 cm dan tdari permukaan atau dasar kolam adalah 48 cm tujuan dari kakaban yang di buat tepat di bawah permukaan air  karena sifat dari telur ikan mas yang mengapung.


c. Pengisian Air

 

Setelah kakaban di pasang di bawah permukaan air, langkah selanjutnya adalah pengisian air ke kolam dengan sumber air yang digunakan adalah saluran irigasi sepanjang musim Pengisian air sampai dengan ketinggian 5 cm di atas permukaan kakaban.


d. Pelepasan Induk Ikan Mas


Setelah kolam sudah terisi air dengan ukuran yang telah diketahui maka langkah selanjutnya adalah pelepasan induk ikan mas pada kolam pemijahan.

 

e. Proses Pemijahan

 

Sebenarnya pemijahan ikan mas dapat terjadi sepanjang tahun dan tidak tergantung pada musim. Namun, di habitat aslinya, ikan mas sering memijah pada awal musim hujan, karena adanya rangsangan dari aroma tanah kering yang tergenang air membuat ikan menjadi lebih nyaman karena seperti halnya di alam. Secara alami, pemijahan terjadi pada tengah malam sampai akhir fajar. Menjelang memijah induk-induk ikan mas aktif mencari substrat berupa tanaman-tanaman air yang akan digunakan sebagai tempat menempel telur sekaligus membantu perangsangan ketika terjadi pemijahan.


Telur ikan mas berbentuk bulat, berwarna bening, berdiameter 1,5-1,8 mm, dan berbobot 0,17-0,20 mg. Ukuran telur bevariasi, tergantung dari umur dan ukuran atau bobot induk. Embrio akan tumbuh di dalam telur yang telah dibuahi oleh Spermatozoa. Induk yang dipijahkan menggunakan perbandingan berat badan yaitu betina 7 kg : jantan 10 kg.

0 Response to "6 Cara Paling Ampu Budidaya Ikan Mas di Kolam Beton"

Posting Komentar