-->

Melatih Anakan Ayam Serama Agar siap Ikut Kontes

Melatih Anakan Ayam Serama Agar siap Ikut Kontes -  Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur atas nikmat kesehatan yang di berikan oleh Allah S.W.T sehingga pada malam hari saya admin hewanternak.net kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Melatih Anakan Ayam Serama Agar siap Ikut Kontes.Ayam serama adalah salah satu ayam hias yang memiliki postur yang pendek, kecil, dan dadanya membusung. Ayam ini adalah ayam terkecil di dunia atau dikenal dengan nama “The Smallest Bantam Chicken” atau ayam kate terkecil di dunia.


Ayam Serama Malaysia merupakan sejenis baka yang agak baru. Sejarah dan asal usulnya yang tepat tidak jelas. Terdapat lagenda yang mengatakan ia merupakan keturunan dari pembiakan silang di antara burung merpati dan ayam.


Ayam serama memiliki bentuk yang mirip dengan ayam kate, bedanya kalau ayam ini posturnya lebih kecil dan dadanya membusung. Ukuran ayam serama dewasa hanya satu lebih kepalan tangan orang dewasa, dan tingginya satu hanya satu kilan (jari jempol-jari kelingking) orang dewasa.


Melatih anakan ayam serama dibawah usia 3 bulan lebih mudah dibandingkan melatih ayam serama yang menginjak usia remaja keatas ataupun yang sudah dewasa, pada prinsipnya dibutuhkan perlakuan khusus setiap harinya.





Di bawah ini ada beberapa cara untuk melatih anakan ayam serama agar siap untuk unjuk gaya pada saat kontes, antara lain :




  1. Siapkan kandang/box untuk anakan yang beralaskarpethijau,dengan tujuan agar sejak dini anakan tersebut sudah terbiasa dengan meja kontes yang selalu beralaskan karpet.

  2. Jemur anakan serama secara berkala di pagi hari, waktu ideal penjemuran antara jam 7-10 pagi, sambil ditempatkan pada kawat ram perhatikan saat pada penjemuran di kawat ram, jika ukuran kawat ram besar hendaknya ditempati lebih dari seekor anakan serama.

  3. Pasang penutup pada kawat ram sebatas kepala saat anakan tegak, dimaksudkan agar anakan ayam agar terbiasa dan sebagaian proses dapat berdiri tegak Untuk memancing agar anakan ayam mau berdiri tegak dan makin agresif bisa diberikan jangkrik atau ulat melalui bagian atas kawat, tapi jangan sampai berlebihan.Selamat mencoba, semoga berhasil dan Serama kesayangan anda menjadi serama yang siap ikutan KONTES

0 Response to "Melatih Anakan Ayam Serama Agar siap Ikut Kontes"

Posting Komentar