-->

Jenis - Jenis Ikan Hias Cupang

Jenis - Jenis Ikan Hias Cupang - Ikan cupang banyak orang sudah mengenal jenis ikan hias yang satu ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menjadi penggemar ikan jenis ini. Selain dinikmati keindahannya ikan cupang dikenal sebagai ikan petarung, karena sifatnya yang sangat agresif terhadap ikan cupang yang lain.


Ikan cupang banyak digemari selain karena keindahanya juga karena perawatan yang mudah, tidak memerlukan tempat yang luas. Penggemarikan hias jenis ini tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri. Bisnis ikan cupang sebagaimana bisnis ikan hias lainnya merupakan ladang bisnis yang cukup mudah dijalankan karena tidak memerlukan modal yang besar, tidak memerlukan tempat yang luas dan bisa dijadikan bisnis sampingan.




  • Jenis - Jenis Ikan Hias Cupang


 

Ikan cupang dikenal dengan nama Betta fish atau biasa disebut dalam bahasa inggris Fighting fish. Sebelum memulai bisnis ikan cupang, ada baiknya untuk mengenali dan mengetahui berbagai jenis ikan cupang. Ada beragam jenis ikan Cupang yang ada di dunia ini antara lain:


Halfmoon (setengah bulan), cupang jenis ini memiliki sirip dan ekor yang lebar dan simetris menyerupai bentuk bulan setengah. Jenis cupang ini pertama kali dibudidaya di Amerika Serikat oleh Peter Goettner pada tahun 1982.




Cupang Halfmoon


Crowntail (ekor mahkota) atau serit, cupang jenis ini pertama kali dibudidayakan oleh seorang peternak cupang bernama A. Yusuf yang tinggal di daerah Jakarta Timur, pada tahun 1997 namun adapula sebagian mengatakan dibudidayakan pertamakali oleh Muhammad Yamin dari daerah Jakarta Barat. Ciri utamanya adalah sirip dan ekornya yang menyerupai sisir sehingga di namakan serit.




Cupang Crowntail






Double tail (ekor ganda)



Plakat Halfmoon hampir mirip cupang laga tapi mempunyai ekor dan sirip lebih lebar dan indah. Giant (cupang raksasa), cupang jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, cupang jenis ini ukurannya bisa mencapai 12 cm.





Cupang Plakat



Aduan Atau Cupang Laga mempunyai Gigi dan sisik yang tajam juga kuat, dengan ekor yang pendek dan sangat agresif.





Cupang Laga/Aduan




  • Pola  Bisnis  Ikan Cupang


 

Bisnis ikan cupang dilakukan dengan membudidayakan ikan cupang, menyortir anakan ikan cupang berkualitas baik dan menjualnya ke berbagai tempat. Cupang berkualitas baik akan berharga cukup mahal, biasanya ini akan diikutkan dalam berbagai macam kontes.


Untuk memulai bisnis ikan cupang yang perlu dipersiapkan adalah membeli Indukan ikan cupang yang baik dan menyiapkan sarana pemeliharaannya.


Ikan cupang yang baik adalah ikan cupang yang sehat dan berwarna cerah. Ciri tingkah laku cupang sehat selain warnanya cerah sirip dan ekornya selalu di kibar-kibarkan atau selalu mengembangkan ekoranyaketika di dekatkan dengan ikan cupang lainnya jadi dengan kata lain ekor dan siripnya tidak kuncup terus. Usia indukan cupang siap pijah kurang lebih 6 bulan.


Harga indukan cupang bisa bervariasi, anggap saja kita membeli sepasang ikan cupang dengan modal 20 ribu. Dari satu pasang ikan cupang ini mampu menghasilkan anakan 500 sampai 700 ekor. Dengan harga anakan cupang sekitar 1000 rupiah sampai 2000 rupiah bisa dihitung keuntungan bisnis ini.




  • Cara pemijahan


 
Pada umumnya Tempat pemeliharaan ikan ini adalah akuarium yang ukurannya tidak perlu besar yaitu cukup 1 x 2 m atau bak semen atau bisa juga akuarium 100 x 40 x 50 cm, sedangkan untuk tempat perkawinannya lebih kecil dari wadah pembesaran, yang bisa digunakan antara lain : akuarium kecil, baskom atau tempat lain yang dapat dipakai untuk memisahkan ikan agar dengan pasangannya


Berikut ini cara untuk tips memilih bibit cupang jantan dengan betina yang baik,berikut ini ciri - cirinya :

 

Cupang jantan



  1. Gerakannya amat agresif juga lincah

  2. Fisik tubuh juga siripnya cukup panjang dan berwarna indah

  3. Usia sekurang-kurangnya ± 4 bulan

  4. Tidak terjangkit penyakit serta juga tidak cacat


 
Cupang betina



  1. Situasi sehat serta tidak cacat

  2. Sirip agak pendek serta juga warnanya kusamGerakannya sedikit agak lambat

  3. Wujud badan agak membulat yang mengisyaratkan siap dikawinkan

  4. Usia sama juga dengan cupang jantan sekurang-kurangnya ± 4 bulan


 
Setelah induk cupang diseleksi dan mendapatkan hasilnya, sekarang saatnya menuju cara mengawinkan cupang :



  1. Siapkan kolam untuk perkawinan atau pemijahan bisa berupa aquarium kecil atau tempat lain yang penting bersih.

  2. Isi dengan air berketinggian kurang lebih antara 15 hinggga 30 cm. atau bisa disesuaikan dengan wadahnya.

  3. Masukkan induk cupang jantan yang yang sudah diseleksi sebelumnya selama 1 hari.

  4. Tutup aquariumnya agar tertutup (tidak harus sampai gelap gulita).

  5. Sesudah 1 hari kita masukan induk cupang betina yang sudah cukup masak telurnya pada sore hari ke didalam kolam pemijahan.

  6. Sehari kemudian (sore hari) induk betina telah matang telur dimasukan ke dalam wadah pemijahan.

  7. Biasanya esok harinya ikan sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh induk jantan.

  8. Induk betina segera dipindahkan dan jantannya dibiarkan untuk merawat telur sampai menetas.

  9. Untuk pembesaran anak dan masa panen, tidaklah sulit. Setelah anak cupang sudah bisa berenang sendiri, pisahkan anak cupang dengan induknya dan ikan cupang dewasa yang lain selama 1 bulan. Setelah berumur lebih dari1 bulan maka ikan cupang siap untuk diseleksi untuk bibit terbaiknya. Ternyata budidaya ikan cupang cukup mudah ya.

0 Response to "Jenis - Jenis Ikan Hias Cupang"

Posting Komentar