-->

Cara Paling Sukses Beternak Ikan Cupang

Cara Paling Sukses Beternak Ikan Cupang - Tidak sedikit yang awalnya penggemar, beralih menjadi pembudidaya ikan hias cupang yang sukses. Sebut saja Eko Windarto yang awalnya hanya seorang penggemar, kini menjadi pengusaha ikan upang yang berhasil. Eko memulai pemijahan cupang sejak awal tahun 2000.




Belajar pelan-pelan namun pasti, akhirnya usaha Eko pun membuahkan hasil. Kini Eko mampu memasok kebutuhan pasar lokal rata-rata 1.000 ekor per minggu. Eko termasuk penghasil ikan cupang yang sukses di Yogyakarta.



  • Mengenal Ikan Hias Cupang


 
Menurut sumber Wikipedia, ikan cupang atau yang bernama latin Betta sp. merupakan ikan hias yang memiliki habitat asli di kawasan negara-negara Asia Tenggara.


Beberapa negara-negara tersebut diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Ikan ini cukup agresif dan cenderung suka mempertahankan wilayahnya dari cupang lain.


Ikann cupang di kalangan penggemar, umumnya digolongkan dalam 3 golongan yaitu cupang aduan, cupang hias dan cupang liar.


Ikan Cupang tergolong ikan yang punya daya tahan kuat. Ikan ini mampu bertahan di akuarium tanpa airator. Bahkan ikan ini merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama dengan volume air yang sedikit.


Beberapa jenis cupang yang dikenal sekarang diantaranya :


1. Foresta Bett

2. Banned Betta

3. Bruney Beauty

4. Golden Slender

5. Painted Betta

6. Pearly Betta

7. Betta Brederi

8. Purple Saphire Betta


Cupang dikenal sebagai mouth breeder. Ikan ini mengerami telurnya di dalam mulut. Jenis-jenis cupang hias diantaranya, Halfmoon (setengah bulan), Crowntail (ekor mahkota),  Double tail (ekor ganda), Plakat Halfmoon dan Giant (cupang raksasa).

Ikan Cupang crowntail




  • Cara Paling Sukses Beternak  Ikan  Cupang


 
Lebih enak jika kita bagi menjadi poin-poin. Umumnya kegiatan budidaya ikan cupang terdiri dari pemilihan indukan cupang, pemijahan ikan cupang, pemberian pakan dan perawatan.

MEMILIH INDUKAN CUPANG


Langkah pertama sebelum budidaya cupang adalah memilih indukan. Ciri-ciri indukan yang berkualitas misalnya berasal dari keturunan unggul. kondisnya bugar, bebas penyakit dan cacat bawaan.


Ciri cupang jantan :



  1. Gerakan lincah

  2. Warna cerah,

  3. Tubuh besar,

  4. Ekor dan sirip lebar mengembang


 
Ciri cupang betina :



  1.  Gerakan lamban

  2.  Warna kusam,

  3.  Tubuh kecil,

  4.  Sirip dan ekor pendek.


 
Ciri - ciri ikan hias cupan yang siap kawin sebgai berikut

Cupang jantan :



  1. Berumur 4-8 bulan,

  2. Bentuk badan panjang,

  3. Gerakan agresif,

  4. Sirip panjang

  5. Dan warnanya terang atraktif.


 
Cupang betina :



  1. Berumur 3-4 bulan,

  2. Bentuk badan bulat,

  3. Perut agak buncit,

  4. Sirip pendek

  5. Dan warna kusam, gerakan lambat.


 
Demikian Artikel yang singkat ini tentang cara Paling Sukses Beternak Ikan Cupang, Sampai Ketemu lagi pada pokok pembahasan Cara Pemijahan dan Perawan Ikan Hias Cupan.

0 Response to "Cara Paling Sukses Beternak Ikan Cupang"

Posting Komentar