-->

Cara Membuat Media dalam Budidaya Cacing Tanah

Cara Membuat Media dalam Budidaya Cacing Tanah - Media merupakan tempat atau sarana hidup buddiaya cacing tanah, media juga bisa di buat dari berbagai macam jenis bahan maupun sampah organik seperti dedaunan, debog pisang, jerami padi, grajen maupun sisa limbah budidaya jamur tiram ( BagLog ) dan lain-lain.












Cara Membuat Media dalam Budidaya Cacing Tanah

Cara Membuat Media dalam Budidaya Cacing Tanah




  • Media menentukan Kwalitas Cacing Tanah Lumbricus Rubellus


 
Pembuatan media hidup cacing tanah lumbricus rubellus ini juga cukup mudah bahkan hampir semua orang dapat membuat dengan mudah, saya yakin hanya dengan membaca artikel saya mengenai cara membuat media budidaya cacing tanah lumbricus rubellus ini langsung bisa di praktekkan tidak hanya itu tutorial ini juga Insya Alloh mudah di pahami.


Nah berikut ini cara membuat media budidaya cacing tanah lumbricus rubellus.



  1. siapkan bahan pembuatan media, bisa menggunakan kotoran sapi atau sampah organik seperti grajen, sisa baglog pada jamur tiram, jerami padi, dan sampah organik lainnya.

  2. kemudian busukkan media tersebut dengan bantuan bakteri dengan menggunakan tetes tebu atau bisa menggunakan prodak pengurai seperti Bio Fit dengan menyemprotkan ke media tersebut selanjutnya tutup atau di krakap dengan terpal agar mempercepat proses pembusukan / penguraian terhadap bakteri yang mengandung senyawa bagus untuk pertumbuhan cacing tanah yang akan kita budidayakan.

  3. proses ini bisa memakan waktu 1-7 hari tergantung dari kwalitas dan media yang kita olah dengan proses fermentasi, biasanya untuk kotoran lembu atau sapi bisa memakan waktu 3-7 hari. Sedangkan untuk media grajen bisa memakan waktu 3 hari, Kalau ingin cepat ya gunakan limbah atau sisa baglog pada jamur tiram cukup kita diamkan dan kita tutup selama 1-2 hari, sebenarnya tidak melalui proses fermentasi ini sudah sangat bisa dan layak untuk hidup cacing tanah yang kita budidayakan nanti.

  4. Pastikan media cacing tanah yang akan kita gunakan untuk budidaya cacing tanah tersebut ber PH sejuk, jika sudah terbiasa hanya deikngan memegang media cacing tanah yang akan kita gunakan tersebut sudah tahu, tidak pelu menggunakan alat pengukur PH.


Demikian artikel ini dalam cara membuat media dalam budidaya cacing tanah, mudahan - mudahan artikel yang singkat bisa djadikan bahan referensi dalam usaha beternak cacing tanah.

0 Response to "Cara Membuat Media dalam Budidaya Cacing Tanah"

Posting Komentar