-->

Cara Membuat Kandang Ayam Serama Agar tetap nyaman dan tidak stress

Cara Membuat Kandang Ayam Serama Agar tetap nyaman dan tidak stress - Bagi anda penggemar ayam hias, tentu sudah tidak asing lagi dengan ayam Serama. Banyak unggas yang termasuk kedalam kategori ayam hias seperti ayam Polan, Kapas, Bangkok, Batik itali, Batik Kanada, Onagadori, Phoenix, Cochin, macam-macam jenis Kalkun( kalkun Putih, kalkun Bronze, Royal Palm, Bourbon Red, Golden Palm, Self Buff, Black Spanish dan Red Pencil), macam-macam jenis Mutiara (Mutiara biasa, Mutiara Putih, Silver dan Plangkok) yang kesemuanya bukan asli unggas Indonesia, termasuk Serama dan masih banyak lagi. Sedangkan yang asli Indonesia jenis Pelung, Cemani, Cemani Walik, Kate, Kate Walik, Bekisar, Ketawa dan beberapa jenis ayam lainnya.




Masing-masing ayam hias mempunyai postur yang berbeda-beda. Sebagai peternak kita diharapkan bisa menyediakan bentuk kandang yang sesuai dengan kebutuhan unggas yang kita miliki. Kandang merupakan tempat tinggal, tempat bereproduksi, mengerami telur, tempat membesarkan anak-anaknya dan berkembang-biak. Untuk itu kandang harus nyaman, tidak kepanasan atau kedinginan, dan mempunyai ventilasi yang baik agar udara segar selalu masuk, selalu bersih dan tentunya bebas dari bakteri pengganggu.


Untuk kandang penangkaran luas kandang sekitar 1,2m x 2,5m x 1,7m. Biasanya dalam 1 kandang bisa diisi sekitar 1 jantan dengan 6-8 betina. Untuk bahan kandang bisa yang terbuat dari ram atau kawat besi. Untuk ayam Serama yang masih kecil dan sudah dipisah dari indukannya maka kandang bukan dikandang umbaran namun dalam kandang khusus yang mempunyai dinding meskipun hanya satu sisi saja.


Untuk penghangat bisa digunakan lampu bohlam 25 watt, jika suhu udara sangat dingin bisa diganti lampu 40 watt. Untuk ukuran tergantung dari umur dan jumlah ayam, jika sudah agak besar bisa dipindahkan ke kandang yang berukuran lebih besar.



Kandang bisa berbentuk kandang baterai bisa juga berbentuk tingkat dengan ukuran masing-masing kotak tidak terlalu lebar. Ini disesuaikan dengan luas lahan yang anda miliki dan jumlah ayam yang anda punyai. Tentunya tetap harus memperhatikan beberapa aspek tentang kandang yang ideal.


Jika ada ayam Serama yang sedang bertelur bisa diletakkan dalam kandang tersendiri atau bisa diletakkan dalam sudut kandang umbaran. Sebagai alas untuk meletakkan telur bisa menggunakan kotak dari kayu atau plastik dan diisi jerami. Untuk Serama memang ada sedikit kendala dalam mengerami dan menetaskan telur. Posturnya yang mungil tidak memungkinkan bisa mengerami semua telur yang dimilikinya.


Sebaiknya cukup 8-10 butir saja yang dieramkan. Sedangkan telur-telur yang terlebih dahulu bisa dititipkan diindukan yang lain. Untuk proses selanjutnya anakan Serama yang baru menetas bisa diletakkan dalam boks berpenghangat.


Untuk Serama yang akan diikutkan dalam kontes usahakan diletakkan dalam kandang yang terpisah dengan ayam Serama lain. Ini dimaksudkan agar tidak mengawini betina yang bisa mengakibatkan bulunya mengalami kerontokan. Tentu ini akan mengurangi poin saat penilaian dalam kontes ayam Serama.

0 Response to "Cara Membuat Kandang Ayam Serama Agar tetap nyaman dan tidak stress"

Posting Komentar