-->

Cara Agar Memaksimalkan Proses Penetasan Ayam Serama

Cara Agar Memaksimalkan Proses Penetasan Ayam Serama - Ayam Serama termasuk unggas yang mampu menghasilkan telur yang banyak. Dalam satu periode bertelur, Serama mampu menghasilkan 8-15 butir telur.


Nah, bisa kita bayangkan bila ayam Serama mengerami semua telur tentu tidak bisa. Badannya yang mungil tidak bisa menghangatkan semua telur-telurnya. Solusi yang bisa dilakukan dengan menitipkan telurnya pada indukan lain atau dengan mesin penetas. Jika tidak mengerami Serama hanya sekitar 30 hari akan bertelur lagi. Jadi periode bertelur Serama  termasuk tinggi.




Untuk memaksimalkan telur yang dihasilkan fertil ada suatu cara yaitu dengan mengawinkan Serama betina dengan beberapa pejantan Serama dalam satu harinya. Biasanya pejantan Serama diberikan waktu sekitar 2-3 jam untuk mengawini betinanya.


Kemudian pejantan dikeluarkan dari kandang tangkaran, bisa diganti dengan pejantan lainnya. Demikian seterusnya hingga diharapkan ada pejantan yang mampu membuahi betinanya tersebut.


Memang ada kendala dalam mengawinkan ayam Serama. Badannya yang mungil agak susah bagi pejantan untuk penetrasi dengan betina karena serama mempunyai kaki yang pendek.


Terkadang peternak membantu dengan memegang betinanya agar mudah dikawinkan. Untuk pejantan Serama termasuk agresif dan mempunyai libido yang kuat. Dalam sehari pejantan bisa mengawini betina sebanyak 6-8 kali.


Ayam Serama Betina Warna Putih Umur 5 Bulan Pesanan Pak Yayan di Kota Banjar Tujuan Stasiun Banjar Jawa Barat


Makanan Ayam Serama sama seperti makanan ayam Kampung seperti voer atau BR, katul atau dedak, bisa ditambahkan nasi yang masih bagus. Untuk menjaga agar kesuburan jantan Serama perlu diberikan makanan tambahan seperti Jagung yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi, Tauge/ kecambah dan Jangkrik untuk menjaga stamina tubuh. Untuk jangkrik bisa diberikan sehari/ dua hari sekali dengan 2 ekor per porsi makan. Jangan lupa diberikan vitamin E.


Bila telur Serama berlimpah bisa dititipkan pada indukan lain. Ayam secara naluri mempunyai kemampuan membolak-balikkan telur agar panasnya merata. Kemampuan ayam untuk menetaskan sudah tidak diragukan lagi. Itulah anugerah dari Allah. Jika anda ingin menetaskan pada mesin penetas sebaiknya suhu sekitar 37,5-38 derajat Celcius.


Itulah beberapa hal mengenai produktivitas ayam Serama. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara Agar Memaksimalkan Proses Penetasan Ayam Serama"

Posting Komentar