-->

Sarang Burung Walet Sebagai Obat Batuk Kronis

Sarang Burung Walet Sebagai Obat Batuk Kronis - Alhamdulillah sahabat ternak, yang menjadi update terbaru artikel kami yaitu Sarang Burung Walet Sebagai Obat Batuk Kronis,Burung walet merupakan jenis burung pemakan serangga murni. Walet memiliki panjang badan rata rata 9 cm. Bentangan sayap lebar 25 cm dan ketebalan tubuh rata rata 12, 5 cm. Posisi tubuhnya agak melengkung ke belakang dengan pangkal sayap melebar kemudian meruncing pada ujungnya.




Waktu menutup sayap panjang ujung sayap melebihi ekor dalam posisi silang. Memiliki ukuran kepala tidak terlalu besar tetapi tidak terlalu kecil, bagian atas agak ceper. Paruh burung walet tajam dan sedikit melengkung ke bawah. Kedua mata walet sangat tajam bagaikan mata elang.




  • Burung Walet


Tubuh walet berwarna hitam mengkilap terutama pada bagian punggung dan sayapnya abu abu. Kecoklatan pada perut serta warna pucat pada pinggangnya. Bulu ekor pendek dan berbentuk persegi. Kaki walet lemah dan tidak dapat untuk berdiri. Kuku atau cakar walet sangat kuat dengan 4 jari yang menghadap ke depan. Kuku walet berfungsi sebagai pengganti kaki untuk ditancapkan pada dinding gua agar dapat hinggap dan menggantung.


Walet hanya bertelur sebanyak 2 butir dan berkembang biak dua kali dalam setahun. Wallet hidup berkelompok, membentuk satu kerabat serta membuat sarang berdekatan satu dengan lainnya.




  •  Habitat burung walet


 
Walet dikenal sebagai penghuni gua gua alam di daerah sekitar pantai di seluruh indonesia. Ada juga walet yang menghuni rumah rumah tua dan kuno. Bahkan, sekarang hunian tersebut dibudidayakan sebagai kandang burung walet.


Budi daya burung walet di kandang bisa menghasilkan panen sarang burung walet sampai 4 kali dalam setahun. Sedangkan burung walet yang hidup di gua gua alam sarangnya hanya dapat diambil 1 sampai 2 kali. Pemetikan sarang burung walet biasanya dilakukan pada bulan tertentu misalnya Februari, Maret, April, Mei dan Oktober.




  • Sup burung walet


Sarang burung walet murni terbuat dari air liur walet sehingga sangat berkhasiat. Di cina sarang burung walet di anggap barang berharga dan dijadikan makanan sehari hari dan digunakan sebagai obat kuat bagi raja raja sejak dahulu. Sarang burung walet digunakan sebagai obat awet muda, panjang umur, dan menguatkan stamina. Bahkan khasiatnya dipercaya melebihi ginseng.


Bentuk sarang burung walet menyerupai mangkok yang terbelah menjadi dua. Bentuk depan dan bagian belakangnya rata. Bagian yang rata merupakan bagian yang menempel di tembok atau dinding gua. Sarang burung walet memiliki panjang rata rata 6,5 sampai 10 cm tergantung dari daerah atau gua asalnya dan lebar atau tinggi sekitar 3 - 5 cm.


Tekstur sarang burung walet terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berupa massa yang kenyal dan merupakan pondasi pertama pembuatan sarang burung. Bagian kedua berupa benang benang air liur yang kenyal dan bening.


Proses pembuatan sarang dimulai dari bentuk pondasi kemudian dianyam dengan benang benang mulai dari kiri ditarik ke kanan terus menerus sampai berbentuk lengkungan ke depan menjadi sarang yang utuh.


Bagian dalam sarang burung dianyam menggunakan air liur yang lebih halus. Penampang benang yang digunakan lebih kecil daripada anyaman untuk sarang bagian luar. Anyaman bagian dalam dibentuk dengan posisi silang menyilang dengan struktur yang sangat lentur. Dibuat agar induk merasa nyaman waktu mengerami telurnya. Di bagian bawah sarang terdapat rongga sehingga waktu mengerami telur, induk burung tidak merasa panas.




  • Khasiat burung walet




  1.  Memperbaiki dan memperkuat fungsi paru paru

  2.  Memperbaiki pencernaan dan saluran pencernaan

  3.  Mengobati tuberkulosis

  4.  Mengobati batuk kronis, sesak nafas batuk berdahak, dan muntah darah.

  5.  Mempercepat regenerasi sel dan jaringan tubuh sehingga menjadi awet muda




  •  Dosis dan cara pemakaian sarang  burung walet sebagai obat


Mula mula rendam dan bersihkan sarang burung kemudian diamkan sampai benangnya terurai. Uraian tersebut kemudian ditiriskan lalu dimasak. Cara memasak yang lain dengan dibuat sup yang sangat terkenal dengan nama sup sarang burung walet. Caranya, buatlah sup ikan atau sup ayam kemudian masukkan sarang burung walet yang sudah dibersihkan. Rebus sampai matang dan sajikan untuk makan bersama.


Untuk konsumsi keluarga bisa menggunakan cara ini. Pertama tama ambil sekeping sarang burung kemudian rendam selama setengah hari sampai benang benangnya terurai. Bersihkan benang dari bulu bulu kecil yang tersisa.


Ambil blender, masukkan sarang burung tersebut, tambahkan air secukupnya . Kemudian blender semua sampai lunak. Tuang hasilnya ke dalam sebuah panci. Jika ingin rasanya lebih manis tambahkan gula batu. Tambahkan pula beberapa daun pandan yang segar agar aromanya semakin harum.


Rebuslah sampai mendidih beberapa kali kemudian angkat dan segera minum hangat hangat. Rasanya nikmat sekali!


Sekeping sarang burung walet biasanya digunakan untuk sekali masak. Di kawasan perdagangan singapura biasanya sekali minum seberat 10 sampai 15 gram. Sarang burung walet ini dapat dipesan dengan telepon kemudian segera dikirim ke alamat pembeli.


Cara pengolahan sarang burung yang baik apabila sarang burung tersebut dilumatkan sampai hancur. hal tersebut dilakukan agar memudahkan proses pencernaan dan diserap dengan sempurna oleh tubuh. Efek pengobatannya pun menjadi cepat dan sempurna.




Kebanyakan penggemar sarang burung walet yang membeli di restoran akan mengecek apakah betul betul ada sarang burung walet di dalam masakan atau hanya dibohongi belakang. Pihak restoran juga akan berhati hati memasak sarang burung walet, pihak restoran akan menjaga agar burung walet tidak lumat atau hancur sekali untuk menunjukkan keberadaan sarang burung walet dalam masakannya mereka takut kalau dituduh tidak ada sarang burung walet dalam masakan jika tidak terlihat benang benang air liur sama sekali. Cara memasak sarang burung seperti ini kurang tepat tetapi yang penting pembeli puas.Nah itulah artikel tentang Sarang Burung Walet Sebagai Obat Batuk Kronis, semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi pada update artike terbaru lainnya.


0 Response to "Sarang Burung Walet Sebagai Obat Batuk Kronis"

Posting Komentar