-->

Fenomena Mistis Tentang Ayam Ketawa



Fenomena Mistis Tentang Ayam Ketawa - Karena keunikan suara ayam ini, membuat ayam ini memiliki harga yang selangit. Ayam ini dapat dihargai dengan banderol puluhan hingga ratusan juta rupiah berdasarkan keunikan suara serta kemenangannya diberbagai kontes.

Bayangkan untuk harga ayam yang belum berkokok saja dapat dihargai dengan harga 200-500 ribu rupiah. Padahal sebelumnya harga ayam jenis ini belum terlalu tinggi, nanti setelah di populerkan di daratan Jawa, mendongkrak harga ayam ini menjadai selangit. Ternyata pemilik ayam ketawa di jawa, bukan hanya memelihara ayam jenis ini sebagai hobbi semata, akan tetapi karena mereka percaya bahwa ayam ini dapat memanggil rezeki dan melancarkan usaha mereka.

Kepercayaan seperti itu menular hingga ke Sulawesi Selatan yang merupakan daerah asli ayam tersebut. Ini dapat dilihat, dengan banyaknya orang yang menaruh ayam ketawa mereka di depan tempat usaha mereka. Baik itu di pasar tradisional, bengkel maupun pasar modern, walaupun hanya sekedar memperdengarkan rekaman suara kokok ayam.

Menurut salah seorang penggemar ayam ketawa asal Pare-pare, Hamka (25), fenomena ayam ketawa ini, memang sangat diburu , pasca dimuatnya kontes ayam ketawa di pulau Jawa oleh salah satu televisi swasta nasional, sehingga penggemar ayam ketawa asal pulau Jawa memburunya ke wilayah Ajatappareng seperti Sidrap, Pare-pare, maupun Pinrang. Hamka  mengsinyalir, beberapa bupati di Sulawesi Selatan juga memelihara unggas jenis ini. “Ayam sebesar ini saja, pak !, sudah di hargai 500 ribu rupiah padahal baru belajar berkokok, apalagi orang jawa, pak ! mereka tidak tawarmi, berapa pun harganya, katanya bisa  panggil rezeki” ujar Hamka ketika ditemui BugisPos di tempat pembiakan ayam ketawanya di bilangan Sudiang.

Fenomena mistis tentang beberapa jenis hewan yang dapat memanggil rezeki memang masih mengakar kuat di masyarakat kita, bukan hanya orang Jawa yang begitu terus terang mengakuinya akan tetapi masyarakat Sulawesi Selatan juga tak sedikit yang mempercayainya, walaupun masih sedikit malu-malu untuk mengakuinya.

Bukan hanya ayam ketawa, jenis burung perkututpun dipercaya dapat memberikan hoky bagi pemiliknya. Sehingga unggas jenis ini juga memiliki harga yang selangit. Mereka berkeyakinan suara yang keluar dari unggas tersebut merupakan panggilan kepada malaikat pembawa rezeki dan keberuntungan untuk singgah kerumah atau ketempat itu.

Secara logika memang memelihara jenis unggas seperti ini memang membawa hoky, karena untuk jenis ayam seperti itu yang biasanya hanya seharga puluhan ribu dapat di banderol dengan harga puluhan juta, tentu memang betul-betul membawa hoky bagi pemiliknya, tak salah jika dewasa ini banyak orang yang  latah menjadi penggemar ayam untuk hewan peliharaan padahal sebelumnya mereka hanya penggemar ayam yang terhidang di meja makan.

Adapun suara kokok ayam ketawa ataupun ayam bernyanyi bahkan ayam berbicara sekalipun, bukan menandakan keunikan mereka ataupun kehebatan pemeliharanya akan tetapi berupa seruan kepada kita manusia untuk bangun dan beribadah kepada tuhan. Para ulama kita meyakini suara ayam maupun binatang lainnya merupakan suatu bentuk puji-pujian kepada Sang Khalik dan bentuk seruan kepada manusia untuk mengingatNya. (awing)

0 Response to "Fenomena Mistis Tentang Ayam Ketawa"

Posting Komentar