-->

Penyakit Burung Makan Bulu Sendiri dan Pengobatannya


Penyakit Burung Makan Bulu Sendiri dan Pengobatannya - Pada kesempatan ini admin Hewan Ternak akan berbagi informasi mengenai Penyakit Burung Makan Bulu Sendiri dan Pengobatannya, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Pencegahan agar Burung tidak Sakit.



Penyakit Burung Makan Bulu Sendiri dan Pengobatannya

 

Penyakit Burung Makan Bulu Sendiri dan Pengobatannya


Ada beberapa kemungkinan burung matukin bulu sendiri.


Perilaku mematuki bulu sendiri ada yang normal dan tidak normal.



  1. Perilaku yang normal biasanya dilakukan sehabis mandi atau ketika burung ingin mandi dalam rangka berhias diri dan merapikan bulu-bulunya. Bulu yang tidak sehat atau patah-patah biasanya secara naluriah akan dibuang burung dengan cara mencabutnya.

  2. Perilaku yang tidak normal. Hal ini akan menyebabkan burung botak-botak karena berlebihan. Hal ini disebabkan banyak kemungkinan.




  • Anda menempatkan burung barangkali di tempat yang terlalu kering udaranya. Cobalah dua hari sekali terutama pada waktu udara panas, burung disirami air bersih dengan menggunakan hand sprayer. Semprotkanlah pada burung dan sekitar kurungannya, tetapi jangan sampai burung ketakutan. Jadi penyemprotan dilakukan pelan-pelan dengan semprotan halus seakan-akan air hujan sepoi-sepoi basah.

  • Mungkin burung tersebut kekurangan suatu macam vitamin dan mineral, juga mineral oil. Pemberian vitamin dapat dilakukan dengan memasukkan ke dalam pakan atau air minum burung tergantung bentuk vitamin dan mineral yang diberikan.

  • Mungkin karena adanya ektoparasit, yaitu kutu mite dan flea. Untuk mengatasinya coba semprot dengan hati-hati menggunakan insketisida yang bahan aktifnya pyrethrine.

  • Barangkali kandang kurang ventilasi dan sinar matahari. Upayakan untuk memperbaiki ventilasi dan pemasukan sinar ultarviolet.


Nah itu adalah jawaban seorang dokter hewan. Kalau saran admin, untuk vitamin dan mineralnya ya tentu admin sarankan BirdVit, atau BirdVina (produk baru Om Kicau yang belum dilaunching secara luas tetapi sudah terbukti dan teruji di lapangan).


BirdVina merupakan cairan yang berisis semua vitamin yang dibutuhkan burung sekaligus trace mineral.


Mengapa admin menyarankan produk itu?




  • Karena admin tahu persis kandungannya dan tidak menyebut produk lain karena admin tidak tahu kandungan persisnya.

  • Om Dwi, penangkar lovebird Jogja sukses memulihkan bulu2 LBnya yang makan bulu sendiri dengan terapi vitamin dan mineral sejenis.


Untuk obat semprot kutu dan ekstoparasit lainnya admin menyarankan menggunakan Fresh Aves. Mengapa? Karena kandungan zat aktif FreshAves adalah permethrine, yakni salah satu keluarga dari senyawa kimia pyrethrine (permethrine, it belongs to the family of synthetic chemicals called pyrethroids… wikipedia).


DAN ADMIN BERANI MENJAMIN bahwa FreshAves tidak dicampur dengan removal agar obat mudah merasuk ke bulu burung, sebab removal terbukti melunturkan lapisan lilin/tanduk burung sehingga membuat bulu rusak.


Catatan:


Lakukan keseluruhan cara mengatasi persoalan bulu pada LB Anda (soal penempatan kandang, semprot, pemberian vitamin-mineral dan pembasmian kutu dll) secara simultan. Dengan demikian bisa diharapkan hasil yang maksimal.


Demikianlah info singkat tentang Penyakit Burung Makan Bulu Sendiri dan Pengobatannya dari admin, semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat juga Jenis Jenis Cacing Pengganggu Burung.

0 Response to "Penyakit Burung Makan Bulu Sendiri dan Pengobatannya"

Posting Komentar