-->

Pencegahan agar Burung tidak Sakit


Pencegahan agar Burung tidak Sakit - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimanapun berada, puji syukrukr kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga Pada kesempatan ini admin Hewan Ternak akan berbagi informasi mengenai Pencegahan agar Burung tidak Sakit, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Jenis Jenis Cacing Pengganggu Burung.

 

Pencegahan agar Burung tidak Sakit

Pencegahan agar Burung tidak Sakit


“Lebih baik mencegah daripada mengobati” adalah ungkapan yang juga berlaku di dalam dunia kesehatan burung. tJngkapan itu menjadi penting karena pengobatan pada burung lebih sulit daripada mamalia. Hal ini berkaitan dengan masih jarangnya penelitian mengenai kesehatan burung, terutama untuk burung liar, sehingga belum dapat ditentukan jenis obat yang cocok dan dosis yang tepat bagi setiap jenis burung. Oleh karena itu, ketentuan untuk pengobatan burung masih menggunakan ukuran standar yang berlaku pada ayam, yang proporsinya cukup berbeda denganburung-burung peliharaan yang umumnya berasal dari alam liar. Secara  umum, beberapa hal berikut perlu diperhatikan dalam perawatan dankesehatan burung.



  • Burung harus dijauhkan dari kondisi-kondisi penyebab stres, misalnya populasi yang terlalu padat di dalam sangkar atau kemungkinan ada burung yang terlalu dominan.

  • Sangkar dijaga supaya tikus dan burung gereja tidak sampai masuk ke dalamnya. Oleh karena itu, ukuran kawat sangkar harus cukup rapat, spasi tidak lebih dari 2 cm.

  • Burung harus dihindarkan dari kondisi alam atau cuaca yang terlalu ekstrem, seperti kepanasan atau kedinginan.

  • Suplemen vitamin dan mineral harus diberikan secara teratur pada pakannya.

  • Kebersihan sangkar serta tempat pakan dan minum harus selalu terjaga.

  • Pakan yang diberikan harus dalam kondisi baik.

  • Kondisi burung diperiksa sekurang-kurangnya dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.


Demikianlah informasi singkat, jelas dan padat dari admin tentang Pencegahan agar Burung tidak Sakit, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah pencegahan penyakit burung kesayangan anda. Jangan lupa lihat juga info menarik lainnya seperti Penyakit Burung Karena Defisiensi Mineral, Protozoa, Bakteri, Virus, Jamur, Parasit dan Stress.

0 Response to "Pencegahan agar Burung tidak Sakit"

Posting Komentar