-->

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Ngacor Unik

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Ngacor Unik - Selamat pagi para pecinta burung kicau, bagaimana kabar anda hari ini? Sudahkah anda memberi pakan dan memandikan burung kicau kesayangan? Semoga anda tidak lupa merawat burung kesayangan anda ya. Apakah anda tahu tentang burung perkutut? Untuk jenis burung yang satu ini memang sedikit pecinta burung kicau yang menyukainya karena suaranya yang datar dan monoton. Namun hal ini tidak masalah bagi sebagian orang yang mengerti dan paham tentang burung perkutut. Apalagi mitosnya, keistimewaan burung perkutut lokal adalah memiliki pengaruh bagi pemiliknya. Yap, menurut kepercayaan orang jawa, burung perkutut lokal bisa mendatangkan rizki, memberikan kesehatan, menjaga kedamaian rumah tangga, ketentraman dan lain sebagaimana dibandingkan dengan jenis perkutut Bangkok. Perbedaaan keduaanya terletak pada ciri perkutut Bangkok yang memang diperlihara untuk diperdengarkan merdu kicau suaranya.










Cara Merawat Burung Perkutut Agar Ngacor Unik
Cara Merawat Burung Perkutut Agar Ngacor Unik



Berikut ini cara merawat burung perkutut agar ngacor unik baik lokal maupun bangkok :



  • Sudah barang tentu jika anda ingin burung perkutut anda gacor, pilihlah yang berjenis kelamin jantan. Untuk menentukan jenis kelamin jantan atau betina, anda cukup membedakan sumpit kerapatan kaki kurang lebih 1 cm untuk jenis kelamin jantan, dan untuk betina sumpitnya lebih renggang. Selain itu juga jantan memiliki bentuk badan yang besar dan tegak serta ekor menyatu.

  • Lakukan pemandian burung secara rutin dengan cara disemprot dengan spray dengan semburat yang paling halus. Alangkah baiknya bila disemprot menggunakan air beras dicampur dengan daun sirih sebanyak 7 lembar untuk menghilangkan kutu dan mengkilapkan warna bulu burung perkutut.

  • Selanjutnya jemurlah burung perkutut pada pagi hari mulai pukul 7 – 9. Hal ini berfungsi menguatkan dan kebal terhadap panas.

  • Memberikan jenis pakan utama perkutut seperti biji-bijian, rumput dan padi-padian. Selain itu juga bisa diberikan beras merah, milet, butiran jagung, campur makanan pabrik dengan kandungan protein tinggi.

  • Perlu diperhatikan juga, buatlah suasana sekitar yang ramah terhadap burung perkutut. Karena kenyamanan burung akan berpengaruh pada fisik dan psikis burung yang juga mempengaruhi seni dan kualitas suara perkutut.




Pada dasarnya seleksi kualitas suara menuntut peternak mengetahui kriteria suara yang bagus. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika peternak sering datang ke klub hobi perkutut. Disana, peternak bisa mendengar dan mengetahui secara langsung ciri burung Bangkok seperti apa, informasi pasaran harga perkutut lokal dan Bangkok serta tentu saja suara perkutut yang berkualitas itu seperti apa. Selebihnya, suara tersebut bisa dibandingkan dengan suara perkutut lokal maupun Bangkok kesayangan agar lebih gacor dan rajin bunyi.Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga mengenai Ternak Perkutut

0 Response to "Cara Merawat Burung Perkutut Agar Ngacor Unik"

Posting Komentar