-->

Cara Menangani Penyakit Scabies Pada Kelinci


Cara Menangani Penyakit Scabies Pada Kelinci - Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan untuk kita semua sehingga pada pag i hari ini saya admin dari hewanternak.net kembali akan memberikan update artikel yang terbaru dengan Judul Cara Menangani Penyakit Scabies Pada Kelinci. Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. ... Dulunya, hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya, tahun 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordo Lagomorpha.


Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh sejenis kutu (Sarcoptes scabei). Kutu ini berukuran sangat kecil yang merupakan hewan mikroskopik. Scabies sering dijumpai pada Kelinci. Gejala awal penyakit Scabies ditunjukkan dengan warna merah pada telinga atau bagian tubuh yang lain. Jika sudah parah, dapat menyebabkan rontoknya bulu pada Kelinci dan bisa juga menyebabkan kematian.










Cara Menangani Penyakit Scabies Pada Kelinci

Cara Menangani Penyakit Scabies Pada Kelinci





Penyakit Scabies biasanya terjadi karena kondisi kandang yang kurang terjaga kebersihannya, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung.Jika Kelinci sudah terlanjur terkena Scabies, maka tindakan yang harus segera diambil adalah menjauhkan dari Kelinci yang belum terkena Scabies karena penyakit ini mudah menular.

Kemudian suntikkan Wormectin 0.2 ml untuk Kelinci dewasa. Untuk Kelinci yang masih muda cukup setengahnya saja. Suntik tepat di bawah kulit. Setelah satu minggu berselang, maka Scabies pada Kelinci akan hilang.



  • Wormectin Injeksi merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh streptomyces avermilitilis melalui proses fermentasi. Senyawa ini memiliki aktifitas sebagai antelmintik yang bekerja dengan cara menghambat penerimaan inpuls saraf oleh sel saraf lain / sel otot, Akibatnya, nematoda / ektoparasit mengalami paralisis & akhirnya mati.


Untuk saat ini, harga 1 Botol isi 2 ml  adalah Rp. 10.000. Jadi bisa digunakan untuk 10 ekor Kelinci dewasa.


Demikianlah informasi mengenai Cara Menangani Penyakit Scabies Pada Kelinci semogah bermanfaat.Lihat Juga 5 Jenis Penyakit Pada Ternak Kelinci

0 Response to "Cara Menangani Penyakit Scabies Pada Kelinci"

Posting Komentar