-->

Cara Memberikan Makanan Pada Ternak Kelinci


Cara Memberikan Makanan Pada Ternak Kelinci - Kelinci dengan bentuk dan warnanya yang lucu serta bulunya yang lembut, membuat anak-anak kecilpun suka pada kelinci.










Cara Memberikan Makanan Pada Ternak Kelinci

Cara Memberikan Makanan Pada Ternak Kelinci




Kelinci memiliki kemampuan biologis yang tinggi, mampu beranak banyak, dapat hidup dan berkembang biak dari limbah pertanian dan hijauan.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai cara pemberian pakan pada kelinci. Langsung aja ke TKP ya sob....

Pemberian Pakan Kelinci


Jenis-jenis hijauan yang dapat diberikan sebagai pakan kelinci diantaranya rumput lapangan, daun ubi jalar, daun singkong, daun wortel, daun kangkung, kobis, daun turi dan lamtoro, dedak, bungkil kelapa, ampas tahu, ampas tapioka, ubi jalar, dan ubi kayu merupakan bahan pakan produk pertanian yang dapat diberikan pada ternak kelinci.










Cara Memberikan Makanan Pada Ternak Kelinci
Cara Memberikan Makanan Pada Ternak Kelinci

Kelinci yang mendapat pakan dari gandum yang telah dikukus menunjukkan pertumbuhan lebih cepat.




Diantara bahan-bahan pakan yang saya sebutkan pun memang belum tentu semua kelinci suka satu sama lain, sama halnya seperti kita ada yang suka makan tempe ada yang ga suka.Mengingat kelinci termasuk binatang malam, dimana aktivitasnya lebih banyak dilakukan pada malam hari, maka pemberian volume pakan terbanyak pada sore hari sampai malam hari.

Waktu ideal pemberian pakan yang paling baik adalah antara pkl 18:00–06:00 WIB. Kelinci yang diberi pakan dari pkl 18:00–06:00 bobot badannya lebih tinggi dibanding kelinci yang diberi pakan dari pkl. 06:00–18:00.




Pemberian hijauan Sebelum diberikan pada ternak hijauan sebaiknya dilayukan terlebih dahulu dengan cara membiarkan / diangin-anginkan pada ruangan sekitar kandang. Zat toksik pada beberapa hijauan seperti adanya HCN pada daun singkong dapat membahayakan kesehatan ternak. Melalui proses pelayuan zat toksik yang terkandung pada hijauan dapat dikurangi. Selain itu pelayuan pakan kelinci juga dapat menurunkan kadar air hijauan yang sangat basah, dimana hijauan yang basah dapat mengakibatkan kembung dan mencret pada kelinci.Diantara jenis hijauan ada yang sangat bergetah bahkan ada struktur hijauan yang dapat menyebabkan gatal-gatal dan merusak mulut kelinci. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan pencacahan.


Kebutuhan Pakan Bahan Kering


Beberapa hijauan yang diberikan pada kelinci berupa ketela rambat dan rumput lapangan merupakan hijauan yang paling baik untuk diberikan pada kelinci sebagai bahan pakan kering. Konsentrat untuk bahan pakan kelinci dapat berupa pellet (pakan buatan pabrik)

Pemberian Minum


Pemberian air minum secara bebas dan terus menerus sampai kelinci itu berhenti sendiri sesuai keinginan dapat memperlancar proses pencernaan. Pemberian air minum Air sangat diperlukan untuk melancarkan makanan dalam saluran pencernaan, terlebih lagi terkait dengan produksi susu bagi induk yang sedang menyusui.



Demikian informasi mengenai Cara Memberikan Makanan Pada Ternak Kelinci, semoga bermanfaat.Lihat juga Cara Mengatasi Penyakit Mastitis Pada Kambing

0 Response to "Cara Memberikan Makanan Pada Ternak Kelinci"

Posting Komentar