-->

Budidaya Ikan Kerapu

Budidaya Ikan Kerapu - Saat budidaya ikan kerapu sedang dikembangkan dan dipromosikan sebagai unggulan untuk komoditas budidaya laut yang diekspor oleh nilai jual cukup tinggi.










Budidaya Ikan Kerapu
Budidaya Ikan Kerapu



Dalam rangka mendukung pengembangan budidaya kerapu, diperlukan upaya untuk memecahkan masalah umum dalam budidaya ikan kerapu adalah pertumbuhan yang lambat.Hibridisasi merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan metode hibridisasi ini dapat menghasilkan benih unggul pada sifat-sifat genetik dan morfologi.

Kerapu macan termasuk berharga kelompokikan tinggi.Jenis kerapu kerapu adalah ikan asli Indonesia yang hidup tersebar di berbagai perairan berbatu nusantara. Selain Indonesia, penyebaran daerah kerapu macan meliputi perairan di wilayah Indo-Pasifik.


Karakteristik crii dan Aspek Biologi


1. Karakteristik fisik



Bentuk ujung sirip ekor, dada, dan sirip dubur ikan berupa busur. Kepala dan tubuh berwarna abu-abu atau pucat kehijauan-coklat. Tubuh penuh dengan bintik-bintik gelap kemerahan oranye atau coklat gelap. Spots di tengah lebih gelap dibanding di tepi. Spot ukuran menjadi lebih kecil menuju mulut. Dorsal punggung danpangkal sirip bintik-bintik hitam besar.2. pertumbuhanDi alam, ikan kerapu macan Total panjang 95 cm dapatmencapai danbobotnya 11 kg.


Pemilihan Peternakan


Ikan ini dapat hidup dan tumbuh dengan salinitas air 22-32 ppt. Oleh karena itu, lokasi budidaya dipilih sesuai dengan kriteria tersebut. Lokasi budidaya juga harus dilindungi dari gelombang besar air laut dan angin kencang. Selain itu, perubahan besar dalam salinitas dan aliran air kotor di lokasi budidaya harus dihindari.

Wadah Budidaya


Pembesaran ikan kerapu macan dapat dilakukan dalam keramba jaring apung, serta jenisikan kerapu lainnya. Ukuran Rakitdan kandang yang digunakan sesuai dengan kebutuhan target produksi dan ukuran ikan yang akan dibudidayakan. Adapunkerangka rakit yang digunakan harus 5 x 5 M dengan ukuran mesh dari 2 m X 2 M.

Pengelolaan Budi Daya




Penyediaan benih ; Benih harus dari dipilih sebelum budidaya diisi pembesaran. Benih yang tidak normal (deformitas) relatif lemah dan mudah terserang penyakit. Selain itu, ikan cenderung menunjukkan pertumbuhan yang lambat.Menyebarkan Benih ; Ikan dengan berat 5-10 g ditebar sebagai 75-100 ekor / m3 untuk ukuran 10-50 g biji dapat ditebar sebanyak 40-50 ekor / m3. Feeding Pakan yang diberikan sampah berupaikan atau pelet. Jika Anda ingin melakukan dengan budidaya pelet pakan ikan kerapu, penting untuk benih dengan pelet selama periode pembibitan.

Untuk meningkatkan kekebalan dan mengurangi stres ikan, disarankan untuk menambahkan vitamin C ke dalam pelet. Kerapu macan termasuk jenis ikan predator. Oleh karena itu, pembudidayaan ikan membutuhkan pakan ikan segar sampah atau tinggi protein pelet.

Makanan yang dimakan kerapu tertelan 95% setelah 36 jam di dalam perut sehingga peniberian makanan dilakukan setiap hari. Pada saat stres, ikan ini akan memuntahkanpakan makan.


Pengendalian Hama dan penyakit




Kerapu macan dibudidayakan di kandang sering cacat dalam tutup insang, mulut, dan leher tidak diketahui penyebabnya tidak jelas. Karakteristik umum dari timbulnya penyakit adalah hilangnya ikan nafsu makan.Kondisi observasi sangat penting untuk mendeteksi pakan adanyapenyakit pada ikan. Ketika kondisi kesehatan mengubah Kerapu buruk biasanya sering berenang di air karena gelembung renang membengkak. Jika ada jenis ikan, pengamatan untuk menentukan penyebabnya harus segera dilakukan. tingkat benih sering diserang oleh VNN.

Gejala termasuk perubahan warna menjadi lebih gelap, berenang lambat, dan berputar. VNN menyerang berpengaruh besar terhadap laju pertumbuhan benih. Untuk menghindari serangan penyakit ini, telur yang digunakan harus bebas dari VNN. cacing parasit yang menginfeksi kulit mudah bertani ikan kerapu. Untuk menekan efek parasit pada ikan,

Anda harus melakukan ikan berendam dalam air tawar (5 menit) dan mengganti jaring setiap 2-4 minggu. Sementara itu, parasit, seperti cacing insang dapat dibersihkan dengan merendam ikan dalam air salinitas tinggi (ppt selama15 6o menit).


Panen


Kerapu macan dapat dipanen setelah 5 bulan berukuran 600 g / ekor. Umumnya, ukuran diperoleh setelah 6-8 bulan pemeliharaan. Sistem pemanenan dapat berupa total atau selektif tergantung pada kebutuhan. Cara yang sama seperti ikan panen tanaman di dalam kandang.


Itulah informasi menyangkut Budidaya Ikan Kerapu.Lihat juga Langkah-Langkah Teknik Mudah Ternak Kerbau Dengan Baik

0 Response to "Budidaya Ikan Kerapu"

Posting Komentar