-->

Cara Merawat Burung Kenari


Cara merawat burung kenari - Pada dasarnya, memelihara burung kenari merupakan campuran antara ilmu, pengalaman, dan seni. Dalam merawat kenari perlu ilmu perawatan yang tepat, sehingga tidak asal-asalan dalam hal perawatan, sehingga dengan perawatan yang tepat maka akan menghasilkan kenari yang berkualitas. Jika sudah pengalaman, maka merawat burung kenari bisa dibilang sangatlah mudah, karena telah terbiasa mengatasi segala masalah yang dialami kenarinya. Kemudian seni merupakan kreatifitas yang harus dimiliki oleh penangkar kenari, dengan tambahan trik-trik khusus agar kenari mampu menjadi lebih baik. Apabila ilmu, pengalaman, dan seni sudah menempel dalam diri penangkar, maka dipastikan kenari yang diternak akan benar-benar menghasilkan kenari yang bagus dan berkualitas.











Cara merawat burung kenari

Cara merawat burung kenari



Ketika burung usianya masih kecil atau muda, maka masih bellum bisa berkicau secara sempurna, dan kebanyakan masih ngeriwik. Ngeriwik merupakan fase ke dua yang dialami oleh burung kenari untuk proses menuju kicauan yang lebih sempurna. Fase yang pertama dialami oleh burung kenari yang baru netas, dan suaranya tidak beraturan atau hanya cuap-cuap saja. Nah, pada fase ke tiga inilah seharusnya burung kenari ngeplong, dan biasanya burung kenari sudah berusia sekitar 8 bulan. Namun banyak juga masalah yang dialami oleh penangkar kenari, bahwa kenarinya sudah berusia 8 bulanan, tetapi masih saja ngeriwik, Kondisi seperti inilah yang menjadikan penangkar kenari merasa galau atau frustasi, maka harus diberikan perawatan khusus.


Dalam hal perawatan kenari supaya kenari mampu ngeplong, maka penangkar kenari harus kreatif dan berilmu dengan melakukan perawatan khusus, adapaun perawatannya bisa anda lihat berikut ini.


Cara merawat kenari biar ngeplong bisa anda simak informasinya berikut ini:


  1. Berikan biji-bijian mix, atau biji-bijian pakan kenari yang sudah banyak dijual di pasaran.

  2. Berikan juga buah dan sayuran segar secara selang-seling.

  3. Sebaiknya seminggu sekali, berikan kroto dan telur.

  4. Bagus juga diberikan asinan sotong maupun kerang laut.

  5. Agar kenari merasa senang, harus diangin-anginkan setiap pagi hari mulai jam 6 atau jam 7.

  6. Mandikan kenari secara teratur.

  7. Jika sudah dimandikan, segera lakukan penjemuran.

  8. Sehabis penjemuran, bisa juga dengan memberikan pelatihan berupa mastering kenari dalam kondisi dikerondong.

  9. Sore hari juga boleh dimandikan, tetapi kadangkala kenari sudah mandi sendiri di cepuk.

  10. Jam 6 sore kerondongi kenari dan lakukan mastering kembali.



Demikian tips-tips seputar Cara Merawat Burung Kenari yang dapat kami sampaikan kepada sobat kenari mania, semoga bermanfaat.Lihat juga Manfaat daun binahong untuk burung kenari.


0 Response to "Cara Merawat Burung Kenari"

Posting Komentar