-->

Cara Merawat Burung Kenari Mabung




Cara Merawat Burung Kenari Mabung - Update hari ini masih tentang Ternak Kenari, kali ini akan dibahas tentang Cara Merawat Burung Kenari Mabung. sebelumnya Admin Hewanternak.com juga sudah berbagi tentang Harga Burung Kenari Yorkshire.









Cara Merawat Burung Kenari Mabung

Cara Merawat Burung Kenari Mabung




Apa itu mabung? mabung biasanya disebut dengan istilah molting yaitu rontoknya bulu pada burung, atau berganti bulu, atau juga merenggas. Pergantian bulu yang lama ke pergantian bulu yang baru ini terjadi secara periodik. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki burung kenari sedang mabung, maka anda harus tahu cara perawatannya dengan mudah agar burung mabung mendapatkan perhatian yang baik sesuai dengan kondisinya. Yang perlu anda ketahui adalah pada saat burung kenari mabung, burung tersebut menyerap protein yang ada dalam tubuhnya sebanyak 25%. Oleh karena itu, hal penting yang harus anda lakukan dalam perawatan burung kenari seperti ini adalah dengan memberikan protein sebagai penggantinya.


Artikel terkait : Cara Membuat Kandang Burung Kenari


Biasanya burung kenari yang sedang mabung, maka bulu-bulunya akan rontok dan terlihat jelas kulitnya. Dan bahkan terlihat lucu, karena bila bulu kepalanya rontok juga akan terlihat botak dan polos. Kenari yang sedang mabung juga biasanya sulit untuk berbunyi, jadi sobat kenari mania tidak usah khawatir karena ini merupakan hal yang wajar. Adapaun ciri-ciri burung kenari saat mabung adalah sebagai berikut:


  1. Burung kenari yang mabung tanda-tandanya adalah malas untuk berkicau dan lebih banyak diam.

  2. Burung kenari mabung tentu ciri-cirinya sangat jelas, yaitu bulu-bulunya banyak yang rontok.



Mengapa burung kenari kok bisa mabung? adapun beberapa faktor yang mempengaruhi mabungnya burung kenari antara lain sebagai berikut:




  1. Karena faktor umur, burung kenari yang mabung ketika umurnya masih muda prosesnya lebih lama dari kenari dewasa.

  2. Karena faktor alam, kondisi lingkungan seperti, suhu dan cuaca yang ekstrim dapat mempengaruhi terjadinya mabung pada burung kenari.

  3. Karena faktor musiman, Faktor ini umumnya terjadi secara bersamaan pada semua burung dalam satu rumah.

  4. Karena faktor hormon, hormon yang tidak stabil dapat memicu burung kenari mengalami proses mabung, dan biasanya peningkatan hormon terjadi karena kenari dalam kondisi birahinya naik.






Baca juga : Ciri-ciri Burung Kenari Yorkshire Dalam kondisi seperti di atas, sobat kenari mania jangan khawatir, agar dalam proses ini kenari bisa mabung dengan baik dan sempurna maka harus dilakukan perawatan yang tepat. Bagaimana cara merawat kenari mabung dengan mudah? cara yang tepat untuk merawat burung kenari yang sedang mabung adalah sebagai berikut:





  1. Burung kenari ketika mabung harus dipastikan apakah sudah bebas dari virus pembawa penyakit. Untuk mengeceknya sebaiknya bawa kenari anda ke dokter hewan terdekat.

  2. Sebaiknya bersihkan burung kenari dari gangguan parasit seperti: kutu, mikroba, maupun cacing.

  3. Yang terpenting adalah berikan nutrisi sebagai pemenuh kebutuhan protein pada burung kenari. Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa kenari mabung mengalami penurunan protein sebanyak 20% dalam tubuhnya, maka dari itu sebagai penggantinya adalah dengan memberikan makanan yang mengandung banyak protein, kalsium, yodium, dan mineral.



Tambahan makanan yang mengandung nutrisi yang bagus untuk burung kenari antara lain sebagai berikut:





  1. Telur yang telah direbus.

  2. Sayur-sayuran hijau dan segar seperti: sawi.

  3. Biji-bijian segar seperti: kecambah.

  4. Berikan kulit tiram, karena kulit tiram mengandung kalsium yang penting untuk kenari saat mabung.

  5. Tulang sotong, ini juga mengandung kalsium dan mineral yang sangat baik buat kenari mabung.

  6. Buah-buahan segar seperti: pepaya, pisang, apel, dll.

  7. Multivitamin dan obat kenari alami.



Demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Merawat Burung Kenari Mabung, semog abermanfaat. Jangan lupa lihat juga Cara Meracik Pakan Burung Kenari supaya Gacor.



0 Response to "Cara Merawat Burung Kenari Mabung"

Posting Komentar