-->

Cara Mengatasi Burung Kenari Lumpuh




Cara Mengatasi Burung Kenari Lumpuh - Update hari ini masih tentang Ternak Kenari, kali ini akan dibahas tentang Cara Mengatasi Burung Kenari Lumpuh. Sebelumnya Admin Hewanternak.com juga sudah berbagi tentang Perbedaan Burung Kenari AF dan F1.









Cara Mengatasi Burung Kenari Lumpuh

Cara Mengatasi Burung Kenari Lumpuh




Penyakit kenari terkadang tidak ditandai dengan gejala-gejala tertentu, dan yang bikin bingung penangkar kenari adalah ketika menemui kenari kesayangannya yang sebelumnya terlihat bugar secara tiba-tiba menjadi lumpuh, badannya lemas/lemah tidak bertenaga, dan terlihat lemberek/nyekukruk dalam sangkar.


Artikel terkait : Harga Burung Kenari Yorkshire


Meskipun kenari yang lumpuh tersebut masih doyan makan, tetapi dalam kondisi tersebut tentu terlihat memprihatinkan. Jadi, perlu adanya penanganan secepatnya agar kenari bisa kembali fit seperti sedia kala. Jangan sampai terus membiarkannya begitu saja dengan harapan nanti bisa sembuh sendiri, padahal yang terpenting adalah seberapa besar usaha sang pemilik dalam menangani kenarinya yang sakit itu.


Karena banyak pula penangkar kenari yang meremehkan penyakit yang diderita kenari, dan akibatnya cukup fatal, yaitu dalam waktu yang sebentar ataupun lama, kenari itu bisa saja mati. Tentu sangat merugikan bila kenari yang dirawat setiap harinya, dan harus mengalami kondisi drop secara mendadak.


Baca juga : Cara Meracik Pakan Burung Kenari supaya Gacor


Dalam kondisi kenari yang tiba-tiba lumpuh ini pada umumnya bukanlah disebabkan oleh mikroba ataupun virus dan sejenisnya, tetapi lebih pada kekurangan mineral dan kalsium. Maka dari itu, biasanya meski diberi obat antibiotik, tetap saja kondisinya seperti itu.


Kenari yang kurang asupan mineral, dalam tubuhnya akan kesusahan mengolah vitamin, protein, dan lain-lain dalam sistem pencernaan. Sehingga menyebabkan tubuhnya menjadi drop, nah ketika sudah drop, maka timbul anemia. Hal inilah yang membuat kenari merasa lemas dan tiba-tiba lumpuh tanpa daya.


Untuk penangananya sendiri dibutuhkan multivitamin B kompleks, agar kenari kembali fresh karena sistem dalam tubuhnya bisa bekerja dengan baik dan akhirnya kembali normal.


Lihat juga : Cara Membuat Kandang Burung Kenari


Orbird bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat dalam mengembalikan stamina kenari seperti sedia kala, karena terbuat dari bahan-bahan alami yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap sangat bagus untuk memulihkan kesehatan kenari kesayangan anda.


Mungkin itulah sedikit tips tentang cara menangani kenari lumpuh secara tiba-tiba, semoga kenari kesayangan anda yang mengalami kondisi seperti itu bisa segera pulih.


Demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Mengatasi Burung Kenari Lumpuh, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Cara Merawat Burung Kenari Mabung.

0 Response to "Cara Mengatasi Burung Kenari Lumpuh"

Posting Komentar